Malam Minggu, Ayo Nonton Hujan Meteor

Hujan meteor Perseids menghiasi langit Indonesia. Puncak hujan meteor terbaik itu akan muncul lima hari lagi atau tepat pada 13 Agustus 2011. Hujan meteor terbaik itu setiap jam akan melesatkan sekitar 50 bintang jatuh. Waktu hujan meteor ini dimulai tengah malam. Menurut Direktur Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, Hakim L. Malasan, hujan meteor Perseids sebenarnya sudah dimulai sejak 5 Agustus 2011. Puncaknya akan terjadi pada 13 Agustus dini hari mendatang. “Arahnya di sebelah utara setelah tengah malam,” ujarnya, Senin, 8 Agustus 2011.

Hujan meteor Perseids akan muncul dari arah rasi bintang Perseus. Hujan meteor Perseids selalu berulang-ulang tiap tahunnya pada pertengahan bulan Agustus. Wilayah di bagian ekuator, seperti Indonesia, menjadi tempat pengamatan terbaik. “Perseids di Indonesia mudah diamati karena munculnya juga di musim kemarau,” katanya.

Sayangnya pada tahun ini hujan meteor tersebut kemungkinan agak susah diamati dengan mata telanjang apalagi teleskop. Soalnya masa puncaknya bertepatan dengan munculnya bulan purnama. “Jadi, tantangan tersendiri pengamatannya karena meteornya tersinari cahaya bulan,” ujarnya.

Hakim mengatakan hujan meteor Perseids terjadi karena jalur sisa ekor komet masuk ke Bumi. Ukurannya sekitar 71 milimeter atau seukuran debu. “Tidak akan berbahaya jika batuan kecil itu masuk ke Bumi,” katanya. | Sumber: TEMPO

About aneuknanggroe89

Menyingkap tentang rahasia alam dan fakta dunia!

Posted on 9 August 2011, in Fakta Dunia and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: