Bongkar: Lagu Terbaik Sepanjang Masa

Penyanyi yang cukup legendaris dengan segudang lagu yang telah ia ciptakan. Dari beberapa lagunya, Lagu Bongkar Iwan Fals merupakan lagu terbaik sepanjang masa di Indonesia. Lagu yang dibuat dan dinyanyikannya bersama Swami pada tahun 1989. Grup musik Swami yang dibentuk pada tahun 1989 yang beranggotakan Iwan Fals, Sawung Jabo, Naniel, Nanoe, Insisri, Jockie Suryoprayogo dan Totok Tewel. Grup ini disponsori oleh Setiawan Djodi sebagai seniman dan pengusaha sukses yang mendukung bahwa musik juga bisa dijadikan alat perjuangan melawan ketidakadilan yang dialami masyarakat Indonesia saat itu. Bukan hanya lagu Bongkar tetapi juga Bento ciptaannya juga merupakan lagu yang hits pada masa itu.

Lirik Iwan Fals dalam lagu Bongkar juga tak lepas dari kritikan-kritikan. Lagu bongkar yang syarat dengan kritikan tajam terhadap para penguasa. Lagu yang mengungkapkan bahwa masyarakat bosan dengan janji-janji para penguasa untuk berbuat adil. Menegur para penguasa untuk tidak diperbudak hawa nafsu untuk mementingkan diri sendiri dan kelompoknya sehingga terjadi penindasan dan kesewenangan terhadap rakyat yang tidak mampu. Bongkar adalah sebuah lagu yang berharap agar para penguasa tidak membohongi rakyat dengan tipu muslihat dan memberikan janji-janji palsu semata.

Lagu Iwan Fals ini masuk dalam album Swami yang dinyanyikan tidak hanya Iwan Fals tetapi juga beberapa rekan yang masuk dalam grup musik Swami. Lagu ini masuk peringkat pertama dalam daftar 150 lagu terbaik sepanjang masa dan peringkat kedelapan dalam 150 Album Indonesia terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia yang terbit pada bulan Desember 2007.

Lagu ini juga dimasukkan dalam film Kantata Takwa yang digarap pada tahun 2008. Film yang dibuat pada tahun 1990 dan diselesaikan pada tahun 2008. Selain lagu-lagu Kantata Takwa, Lagu Bongkar Iwan Fals juga mendukung jalan cerita Film Kantata Takwa sehingga film ini mendapat beberapa penghargaan tingkat internasional.
Berikut ini Lagunya :


About aneuknanggroe89

Menyingkap tentang rahasia alam dan fakta dunia!

Posted on 25 August 2011, in Fakta Indonesia and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: