Dirilis, Video Agen AS yang Diculik di Iran

VIVAnews – Empat tahun hilang di Iran, mantan agen FBI muncul dalam sebuah rekaman video meminta pertolongan. Video yang diunggah oleh keluarganya ini menunjukkan bahwa dia masih hidup dan memerlukan pertolongan pemerintah.

Dalam video berdurasi 54 detik itu, Robert Levinson–nama sang agen–terlihat jauh lebih kurus dari sebelumnya. Dia mengatakan bahwa obat diabetesnya sudah habis dan meminta bantuan keluarganya untuk memulangkan dia. Tidak diketahui di mana video tersebut diambil. Para ahli menduga di Pakistan atau Afganistan.

Dilansir BBC, Jumat 9 Desember 2011, video ini ditampilkan di laman http://www.helpboblevinson.com, sebuah situs Internet yang dibuat oleh keluarga Levinson untuk kepulangannya. Sebenarnya rekaman ini telah diterima keluarga pada November tahun lalu, tapi baru dipublikasikan sekarang setelah mereka merasa harus melibatkan pemerintah.

Selama ini permintaan mereka memulangkan Levinson ditujukan langsung kepada pemerintah Iran, tanpa melibatkan pemerintah AS. Diduga, karena situasi yang tegang antara AS dan Iran belakangan, keluarga Levinson memutuskan untuk menggunakan cara diplomatik.

Dalam video, lelaki 63 tahun ini mengaku diperlakukan dengan baik oleh para penculiknya. Hingga saat ini, belum diketahui siapa yang menculik Levinson saat bertugas di Pulau Kish, Iran, Maret 2007 lalu. Pemerintahan Ahmadinejad berulang kali membantah telah menculiknya.

“Saya diperlakukan dengan baik, tapi saya butuh pertolongan pemerintah AS untuk menjawab tuntutan kelompok yang menculik saya selama tiga setengah tahun. Bantu saya pulang. Selama 30 tahun saya berjasa bagi AS, saya pantas mendapatkan pertolongan,” kata Levinson.

“Saya tidak dalam keadaan sehat. Obat diabetes saya dengan cepat habis,” ayah tujuh anak ini melanjutkan.

Sampai saat ini, keluarga Levinson belum pernah menerima tuntutan apapun dari penculik. Levinson pensiun dari FBI pada 1998 dan menjadi seorang penyidik swasta. Kala itu, dia tengah bertugas di Kish untuk menyelidiki kasus pemalsuan rokok.

Juru bicara pemerintah AS Jay Carney mengatakan bahwa pemerintah akan berusaha semampunya. “Kami telah menyelidiki kasus ini sejak dia hilang dan kami akan melakukannya terus sampai dia berkumpul lagi dengan keluarganya,” kata Carney sebagaimana dikutip CNN. (kd)

sumber

About aneuknanggroe89

Menyingkap tentang rahasia alam dan fakta dunia!

Posted on 10 December 2011, in Fakta Dunia and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: