Teknik menghafal cepat

Kemampuan memori manusia sangat besar. Menurut Tony Buzen, kapasitas memori otak adalah 10 pangkat 800. dan jika digunakan untuk menghafal seluruh atom yang ada diseluruh dunia ini maka akan masih banyak lagi bersisa kapasitasnya. Pertanyaan yang sering timbul adalah otak kita yang mempunyai kapasitas yang sedemikian besar, mengapa sering lupa? atau kadang-kadang ingin menghapal sesuatu demikian sulit Kitta harus membedakan antara menghafal dengan daya ingat. Menghafal adalah proses penyimpanan data kememori otak, sedangkan daya ingat adalah kemampuan mengingat kembali data-data yang telah tersimpan dimemori, apabila diperlukan. Sebagian besar dari kita memiliki dalam persoalan pada daya ingat bukan menghafal. Pada bagian ini serba serbi akan mendiskusikanteknik menghafal cepatsekaligus mengingkatkan daya ingat. dan selanjutnya kita tidak akan membedakan istilah menghafal dengan daya ingat kecuali jika diperlukan. Teknik menghafal cepattelah banyak diterapkan di Indonesia, Amerika dan negara lainnya. Misal kita ambil contoh Micheal yang telah berhasil menghafal buku telpon kota San Fransisco. Dan lagi Angga salah seorang siswa SD yang ada di Indonesia yang mampu menghafal 100 orang tokoh terkemuka di Dunia dengan urutan tampa tertukar sama sekali. Kita pun akan mampu untuk mengikuti jejak mereka apa bila kita mengetahui cara menghafal cepat yang kreatif dan efektif. Yang kita perlukan adalah komitmen dan berlatih. adapun tekniknya adalah sebagai berikut :

1. Indra. Ini kelihatannya sederhana, namun keterampilan yang perlu kita pelajari hanyalah memperhatikan. Karena kita akan sulit mengingat sesuatu apabila kita tidak memperhatikan dari awal.
2. Intens. Untuk membuat kesan kita dapat diingat Intenskanlah mereka, absurd, seksual, penuh warna, berlebih-lebihan dan imajinatif.
3. Lain sendiri. Gunakan kwalitas yang berbeda.
4. Emosional. Kesan yang bermuatan cinta, bahagia, sedih mudah untuk diingat. ini akan membantu memori pada pandangan kita.
5. Pengulangan. Kebanyakan kita belajar dengan membaca berulang-ulang. Beberapa
6. Lain sendiri. Gunakan kwalitas yang berbeda.

7. Emosional. Kesan yang bermuatan cinta, bahagia, sedih mudah untuk diingat. ini akan membantu memori pada pandangan kita.

8. Pengulangan. Kebanyakan kita belajar dengan membaca berulang-ulang. Beberapa informasi menempel dengan waktu singkat, dan cukup bagi kita untuk lulus ujian atau memberikan persentasi, namun kita melupakan begitu saja saat-saat itu semua sudah berlalu. Cara efektif untuk melakukan teknik pengulangan adalah konsentrasi secara penuh pada materi yang sedang dipelajari dan mengulangnya dengan cara yang berbeda dan kreatif, misalnya dengan cara mengulangnya keras-keras atau membuat peta pikiaran.

9. Pertama dan terakhir. Biasanya kita akan mudah untuk mengingat yang pertama dan terakhir, misalnya nama temen baru, kita sering mengingat yang pertama dan terakhir karena hal yang pertama dan terakhir itu unik. oleh sebab itu lah supaya kita mudah untuk menghafal gunakanlah cara-cara yang unik dan membuat perasaan kita nyaman.

About aneuknanggroe89

Menyingkap tentang rahasia alam dan fakta dunia!

Posted on 10 December 2011, in Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: