Melongok Rumah Si Pitung, “Robin Hood” Betawi

Pada abad ke 18, saat Nusantara masih berlaku sistem Cultuurstelsel yang dipimpin Dr. C. Snouck Hurgronje, hidup seorang pahlawan bagi rakyat kecil yang dikenal bernama Si Pitung.

rumah si pitung
Si Pitung merupakan orang Betawi asli, tepatnya bermukim di daerah Rawa Belong. Oleh karena melihat penderitaan masyarakat miskin di sekitarnya akibat ulah penjajah Belanda, maka Si Pitung yang memiliki kemampuan bela diri tinggi akhirnya berusaha menolong mereka dengan cara merampok harta orang kaya, dan membagi hasilnya pada masyarakat miskin.

Snouck Hurgronje lantas memerintahkan untuk menangkap dan menjatuhkan vonis mati pada Si Pitung tahun 1896 karena ulahnya tersebut.

Masyarakat Betawi sangat kehilangan tokoh pahlawan itu, dan terus melestarikan peninggalan Si Pitung termasuk sebuah rumah di daerah Marunda yang saat ini ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya di Jakarta Utara.

Rumah berbentuk panggung tersebut memang bukan rumah asli milik Si Pitung, melainkan rumah milik Haji Syaifudin, yang konon merupakan tempat persembunyian Si Pitung kala dikejar-kejar kompeni dahulu.

H. Syaifudin sendiri, dipercaya merupakan salah seorang warga Betawi yang menjadi teman Pitung dan berusaha melindungi si Robin Hood dari Betawi tersebut.

Sayang, rumah kuno dari kayu jati berbentuk panggung dengan ukuran 40 X 8 meter itu saat ini nampak tidak begitu terawat apik. Catnya mulai memudar dan terkelupas di sana sini. Padahal baru tahun 2010 lalu, Benda Cagar Budaya ini direnovasi dengan biaya Rp. 3 milyar.

Kondisi pengunjung yang datang pun masih sangat sedikit. Padahal, dengan mengunjungi rumah Si Pitung tersebut, masyarakat bisa membangkitkan kembali semangat nasionalisme dan kesetiakawanan terhadap orang lain. Belajar dari kisah sang Pahlawan.

Rumah Si Pitung berada di Jalan Marunda Pulo, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing. Nah, kapan Anda berkunjung ke sana?

sumber

About aneuknanggroe89

Menyingkap tentang rahasia alam dan fakta dunia!

Posted on 12 December 2011, in Fakta Indonesia and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: