Sepeda Bambu Chamim Tempuh Jarak 3.500 km

Chamim Marka (54) warga Jalan Kepuh Harjo 61 Kecamatan Kartang Ploso Kabupaten Malang, membuat sepuluh unit sepeda yang terbuat dari bambu. Dua sepeda buatannya dipamerkan dalam acara World Bambu Festival 4 di Sabuga, Sabtu (2/9) pagi ini.

Dua sepeda antiknya yang dipamerkan bernama Kutrik (binatang capung) diasembling tahun 2002, dan Sungu (tanduk) diasembling tahun 2003.
“Saat ini sudah ada sepuluh unit. Satu unit yang bernama Siung (taring) tahun 2004 sudah terjual Rp 25 juta, yang membeli penggemar koleksi antik,” ujarnya ditemui sebelum mengisi acara seminar Bambu Talk, Sabtu (2/10).

Menurutnya bambu adalah solusi dan alternatif dari besi dan kayu, Ia merancang bambu hingga mirip dengan kekuatan besi melalui proses yang cukup lama.
“Awal pembuatan tahun 1999 dengan penelitian di sungai belakang rumah saya, saya menggunakan delapan jenis bambu yang paling banyak digunakan adalah jenis bambu orie,” katanya.

Sepeda buatannya mampu menyangga beban dengan maksimal kapasitas berat 95 kilogram, dan mampu menempuh jarak 3.500 kilometer hingga saat ini dalam keadaan utuh dan tidak rusak. Beberapa kekurangan yang saat ini sedang ia teliti ada bahan yang masih menggunakan besi di antaranya jari-jari dan rantai sepeda roda serta ban.

sumber

About aneuknanggroe89

Menyingkap tentang rahasia alam dan fakta dunia!

Posted on 20 December 2011, in Fakta Indonesia and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: