IBM Memprediksi Energi Kinetik Akan Menjadi Sumber Tenaga Masa Depan

Begitu pesat perkembangan teknologi dari masa ke masa, IBM sebagai perusahaan besar turut memberi peran dalam perkembangan tersebut, salah satunya adalah dengan dibuatnya Watson, kecerdasan buatan dari IBM. Bicara tentang masa depan, ada prediksi menarik dari IBM, dalam waktu sekitar lima tahun ke depan, energi kinetik akan menjadi sumber daya di masa depan.

Pengumpulan energi kinetik

Harry Kolar, insinyur dari IBM menjelaskan bahwa teknologi untuk mengumpulkan energi dari gerakan tubuh manusia mungkin akan ada dalam waktu lima tahun ke depan. Bagaimana skenario pengumpulan energinya? Jawabnya adalah dengan sepatu, dengan menggunakan semacam alat dan antena khusus yang ditanam di ujung sepatu, lalu alat tersebut mengukur jumlah energi setiap kali menyentuh tanah. Tidak hanya sepatu saja, namun bisa juga dari gerakan roda sepeda, atau benda apapun yang bergerak. Teknologi ini intinya menarik dan mengantarkan energi dari sebuah gerakan kecil.

Yang jelas, energi kinetik akan memiliki peran di masa depan, dan IBM sedang mengembangkan cara untuk “menangkap” energi tersebut apalagi menurut Kolar, manusia akan segera kehabisan sumber daya alam, dan infrastruktur energi yang ada saat ini tidaklah memadai.

Bagaimana kelanjutannya, apakah prediksi IBM ini bisa terbukti nanti? Kita lihat saja lima tahun ke depan. (via VentureBeat)

sumber

About aneuknanggroe89

Menyingkap tentang rahasia alam dan fakta dunia!

Posted on 24 December 2011, in Sains Dan Teknologi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: