Entrepreneur Cerdas, Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Pengalaman adalah guru yang paling bijaksana, tentu agan sudah sering denger yah ungkapan itu?

Nah, kali ini kita akan bahas tentang pengalaman, lebih khususnya belajar dari pengalaman orang lain gan. Apa aja sih alasan kenapa kita harus belajar dari pengalaman orang lain?! cekidot gan:

1. Gak perlu kecemplung di lubang yang sama
Agan jadi semakin baik dan faham tentang apa yang seharusnya dan yang gak seharusnya agan lakukan kalau agan mau berhasil. Agan gak perlu kecemplung di lubang yang sama karena sudah ada yang mengalaminya lebih dulu, tinggal bagaimana agan berusaha menghindari lubang itu.

2. Pengalaman itu bisa dibilang mahal gan:
Pengalaman butuh waktu dan butuh energi. Coba bayangkan, kalau agan mau punya pengalaman menjadi penjual mobil, agan harus nyemplung dengan berjualan mobil. Dengan terjun langsung menjadi penjual mobil agan akan tau kondisi lapangan, hambatan, tantangan dan segala tetekbengek-nya. Tapi, satu hal yang perlu difahami, belajar dari pengalaman gak mesti pengalaman kita sendiri gan, agan gak mesti mengalami semuanya dulu untuk dapat bejalar dari pengalaman.

3. Menghemat waktu dan energi
Agan gak mesti mengalami semuanya dulu untuk dapat belajar dari pengalaman, jadi agan bisa menghemat waktu dan energi agan untuk hal lain yang sifatnya strategis.

Nah, bagaimana caranya bisa belajar dari pengalaman orang lain, nih ada sedikit tipnya gan:

1. Temukan seseorang yang telah lebih dulu sukses mencapai tujuan atau pencapaiannya. Cari siapa seseorang yang agan anggap sukses, baiknya yang sesuai dengan bidang dan tujuan agan. Kita memang harus belajar dari orang yang sukses, karena orang sukses itu sudah pasti pernah mengalami kegagalan hingga akhirnya menemukan kesuksesannya.

2. Setelah dapet figur doi, lalu perhatikan perjalanan hidupnya dalam meraih kesuksesan. Agan bisa tiru bagaimana cara doi berpikir, bersikap dan bertindak.

3. Ambil pelajaran dari kegagalan doi sebagai proses menemukan kesuksesan. Perjalanan doi meraih kesuksesannya bisa jadi peta hidup buat gan. Sedikit banyak agan jadi tahu tentang kondisi di lapangan , bahkan sebelum agan terjun ke lapangan yang sesungguhnya.

4. Kolaborasikan pengalaman doi dengan potensi dan keterampilan agan, juga sesuaikan dengan kondisi di lapangan agar hasilnya lebih power full.

5. Perlu dicatat nih gan, belajar dari pengalaman orang lain, gak berarti kita cuma meniru tanpa berkreasi dan improvisasi, gak berarti kita mengamati tanpa bertindak. So, pengalaman dari orang lain memang membuat kita jadi lebih tau, tapi gak bikin kita jadi ahli gan. Nah, Agan mau jadi sekedar tahu atau mau jadi ahli?! Kalau mau jadi ahli, yuk kolaborasikan semangat belajar dari pengalaman dengan tindakan, ACTION!

sumber

About aneuknanggroe89

Menyingkap tentang rahasia alam dan fakta dunia!

Posted on 26 September 2012, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: